Sunday Market Siap Kumpulkan Para Penggiat Kreatif Kota Surabaya

Image

Stars & Rabbit dalam Sunday Market : Hippieland November tahun lalu

Minggu, 24 Maret nanti Surabaya Town Square (Sutos) dikabarkan akan menjadi tempat berkumpulnya para penggiat kreatif kota Surabaya dan sekitarnya dalam sebuah acara bertajuk “Sunday Market : London Calling You”. Ini merupakan kelanjutan dari Sunday Market sebelumnya yang bertemakan “Hippieland” yang sukses digelar November 2012 lalu.

Acara yang berkonsep flea market dengan mengkombinasikan fashion, art, musik, dan kuliner ini  telah diadakan untuk kedua kalinya, masih oleh Soledad & The Sisters Co., c20 Library, Sutos, dan kawan-kawan penggiat kreatif kota Pahlawan lainnya.

“Selain media dan kolaborasi, Surabaya masih kekurangan tempat dan agenda berkumpul untuk para pekerja dan pecinta seninya. Jika wadah dan agendanya sudah ada maka akan terjadi suatu kegiatan berbagi ide dan pengalaman yang diharapkan mampu menelurkan karya-karya baru yang lebih beragam. Atas dasar itulah Sunday Market dikerjakan,” jelas Alex Kowalski, founder dari Soledad & The Sisters Company, salah satu  penggagas Sunday Market.

Masih menurut Alex, Tema ‘London Calling’ dalam Sunday Market kali ini dimaksudkan agar para audiens mampu mengeksplor lebih dalam tentang tema Inggris itu sendiri. Sejauh ini publik hanya mengenal Inggris sebatas permukaan saja.

“Harapannya sih audiens punya pemahaman lebih dari tema ‘London Calling’ ini. Di mana dalam kebudayaan Inggris bukan hanya royal family, bukan London taxi, bukan Sex Pistols tapi di sini lebih mengangkat yang nggak pernah kesorot kayak The Clash, punk, new wave, ya lebih ke sisi cutting edge-nya lah”, sambung Alex lagi

Selain itu, semangat do it yourself (DIY) di era kemunculan The Clash juga melatarbelakangi pemilihan tema “London Calling” ini. Terlebih Alex mengaku dirinya terinspirasi proyek DIY (Do It Yourself) milik C2O library.

Spirit kolaborasi yang dicanangkan oleh anak-anak C2O pada 2012 kemaren, sebagai result dari DIY itu yang pingin tak angkat di sini. Kesimpulannya setelah kita melakukan rangkaian DIY yang kurang dari Surabaya ini yaitu adanya media, kolaborasi dan pertemuan. Gimana caranya mempertemukan anak-anak muda se-Surabaya yang dari selatan, utara, barat, timur, tengah agar bekumpul jadi satu. Akhirnya muncul lah ide Sunday Market ini,” jelas Alex.

Selain C2O Library, Sunday Market juga akan menggandeng berbagai industri kreatif di Surabaya. Beberapa diantaranya seperti Setara, sebuah forum kolaborasi para desainer, pekerja kreatif dan aktifis dari berbagai disiplin, Bauhaus Project, sebuah fashion project milik Rama dan Aini, dan tentunya zine musik paling gress di bumi Surabaya yang sedang And abaca ini, Praoto Zine.

Berbeda dari tahun lalu, pada Sunday Market kali ini akan menghadirkan sebuah diskusi menarik mengenai manajemen band dan label rekaman dalam “Sunday Talk”. Diskusi ini akan menghadirkan pemilik label FFWD Records dan SRM Band Management sebagai pembicaranya.

Di departemen musik “Sunday Market London Calling You” menggandeng sejumlah line up aduhay seperti indie pop senior Rumah Sakit (Jkt), gembong rock elektronik Polyester Embassy (Bdg), The Wise (Sby), Hi Mom! (Sby), DJ Gagah Diorama, DJ Nando DB Electric dan  DJ Ayren Mayden.

Sunday Market volume 1 telah sukses menembus angka sepuluh ribu pengunjung. Untuk Sunday Market kali ini juga akan ditargetkan di kisaran angka yang sama. Bahkan diharapkan lebih dari itu, mengingat jumlah booth yang meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya ada 82 booth, di Sunday Market volume 2 akan ada 104 booth yang berjualan beraneka macam fashion, art dan kuliner. (nit/zaq)

Foto : Prima Kirtti Utomo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s