Denan Bagus “Sentil” Fotografer Panggung Surabaya dengan From The Vault

foto from the vault

Proyek dokumentasi gigs “From The Vault” edisi perdana

Awal bulan ini fotografer panggung Denantyo Bagus Wiryawan telah meluncurkan sebuah ebook yang berisi kumpulan foto-foto band alternatif rock kawakan Surabaya, Hi Mom! dengan tajuk “From The Vault : Hi Mom!”. Bermula dari kegerahan pada para fotografer yang sering mendokumentasikan gigs-gigs namun nihil publikasi hasil jepretan,  alhasil, Denan (begitu ia disapa) memutuskan membuat proyek dokumentasi ini.

“From the Vault” sendiri merupakan sebuah proyek yang berbasiskan arsip audiovisual dari kegiatan-kegiatan maupun musisi-musisi khususnya yang berasal dari kota Surabaya. Selain ingin mendorong fotografer lain untuk mempublikasikan karya-karya mereka, alasan utama Denan membuat proyek ini ialah karena banyaknya foto-foto Denan yang tersimpan di harddisk dan bahkan di antaranya sudah banyak yang hilang.

“Idenya itu tahun 2010 dulu, pas aku lagi ngumpulin foto-foto acara band-bandan yang pernah aku potret buat materi pameran. Ternyata foto-fotoku banyak yang hilang, terutama dari taun 2006-2008 gara-gara pengarsipannya jelek dan harddisk portabelku jebol. Dari situ aku kepikiran buat nata foto-foto yang masih ada buat diarsipin, dikumpulin,kemudian dipamerin daripada membusuk di harddisk,”  jelas pria yang saat ini sedang mengejar gelar S2 di Jogja.

“Makanya aku bikin ini, aslinya biar (para fotografer panggung) pada semangat mamerin dokumentasi-dokumentasinya. Soalnya seingatku dulu produk  dokumentasi gig itu sedikit, mentok ya di fesbuk. kebanyakan dokumentasinya disimpen sendiri,” sambungnya. “Jadi From the Vault itu proyek yang intinya ngumpulin foto-foto yang ada di harddisk trus dipamerin dalam bentuk buku atau apapun, daripada membusuk dan rusak.”

“From The Vault”, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti “dari ruangan (besi)”, yang bisa diartikan itu adalah harddisk, seperti yang dimaksud Denan. “From the Vault” hanya diluncurkan dalam bentuk ebook dan dapat diunduh secara gratis melalui jejaring sosial. Denan sama sekali tidak mengambil keuntungan dari proyek dokumentasi ini karena misinya hanyalah untuk mendorong fotografer lain agar mau memamerkan karya-karyanya.

Untuk selanjutnya, pria berkacamata ini berkeinginan mengundang banyak orang untuk berpartisipasi di “From the Vault”. “Aku nantinya akan ngajak siapapun yang punya dokumentasi-dokumentasi acara atau band-band gitu buat ngeluarin dan dipamerin, daripada membusuk di harddisk (tertawa),” canda Denan.

Di edisi” From the Vault” yang pertama ini Denan secara khusus mempersembahkannya sebagai hadiah ulang tahun Hi Mom! yang keenam.  Dengan tajuk “From The Vault : Hi Mom!”, edisi perdana ini menggambarkan setiap fase perjalanan Hi Mom! dari formasi awal hingga formasi terakhir, dengan kondisi telah berganti bassist dua kali dan sudah ketambahan Eri (keyboard. VL Tone).

Meskipun terbilang runtut dari awal formasi hingga formasi terakhir Hi Mom!, Denan mengaku “From The Vault” pertamanya ini tidaklah lengkap : menampilkan setiap foto band penyayang linkungan ini dari awal manggung hingga panggung terakhir mereka.

“Foto-foto yang ada di sini tidak merangkum semua aksi mereka, karena saya tidak mengikuti Hi mom! dari awal perjalanan musik mereka dan saya tidak terlalu rajin mendokumentasikan kegiatan mer­eka. bernyanyi bersama lebih seru,” tulis fotografer domisili Jogja-Surabaya ini di halaman pengantar “From The Vault : Hi Mom!”.

Untuk band-band yang diangkat dalam proyek ini Denan tidak membatasi dengan genre, musik atau aksi panggung tertentu. “Gak ada batasannya si, band apa aja gak masalah, yang penting bandnya well documented. Kalo nggak ada dokumentasi tentang band tersebut kan nggak ada yang bisa diangkat, (tertawa),” jelasnya.

Sebagai From the Vault selanjutnya, Denan mengaku masih kekurangan foto-foto untuk dipamerkan. Karena itu Denan ingin mengumumkan pada para pembaca Praoto jika saja masih ada yang menyimpan dokumentasi acara-acara atau band-band di Surabaya dan sekitarnya.

“Mumpung ditanyain nih, kalo ada yang punya dokumentasi “British Invasion” dari yang pertama sampe sekarang boleh dong aku dibagi. Soalnya aku cuma punya yang di ITATS sama C&R kemaren dan itupun gak lengkap. Terus “Mood For SKA”, sama “Fete de la Musique”-nya CCCL sebelum jadi IFI. Soalnya ntar itu yang mau diangkat di From the Vault. Kalo ada yang punya, hubungi saya di @dnnbgs ato akudenan@gmail.com. Arsip dokumentasi anda adalah berkah untuk saya,” jelas Denan.

Selain “From the Vault”, Denan juga bercita-cita ingin mengadakan pameran tunggal yang di dalamnya juga terdapat sebuah gigs. Hingga saat ini Denan masih menggodok konsepnya dan mencari space yang cocok di Surabaya ini untuk mewujudkan impiannya.  Bagi yang belum memiliki ebook “From the Vault” karya Denan ini bisa diunduh secara cuma-cuma di sini. (nit)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s