Menanti “Conspiracy” Kraken

Kraken (sumber : reverbnation.com/krakenmetal )

Kraken (sumber : reverbnation.com/krakenrock )

Kraken (/ˈkrkən/ or /ˈkrɑːkən/are legendary sea monsters of giant proportions said to dwell off the coasts of Norway and Greenland The legend may have originated from sightings of giant squid that are estimated to grow to 13–15 m (40–50 ft) in length, including the tentacles.The sheer size and fearsome appearance attributed to the kraken have made it a common ocean-dwelling monster in various fictional works.

Definisi Kraken : monster laut yang telah menjadi legenda selama berabad-abad ini cukup membuat suatu bayangan wujud akan kekuatannya. Bagaimana jadinya jika monster ini menjelma dalam suatu bentuk kelompok musik beraliran rock n’ roll dan menyerang Surabaya?

Bermula dari lima kawan lama yang ingin mewujudkan impian mereka yang tertunda untuk menjadi band superock, yaitu Gan-gan (drum), Boni (gitar), Bodik (bass), Kiki (gitar), dan Ekin (vokal). Monster yang semula bernama Prankster & Kraken dan berumur sekitar sembilan bulan ini, terhitung sejak 24 Oktober, telah menyedot perhatian Surabaya melalui tentakel-tentakelnya.

“Awalnya itu adalah sebuah keinginan lama bersama teman-teman lama. Akhirnya bisa ketemu dan baru kebentuk waktu bulan Oktober tanggal 24. Malamnya bentuk band, besoknya langsung maen di Jakarta. Debut kami itu di acara “Tribute to Hariawan”,”ujar Boni, sang gitaris yang berciri khas rambut kribo.

“Dulunya itu namanya Prankster & Kraken. Nah, kita ini diibaratkan si pranksternya, si orang-orang iseng. Emang awal mulanya iseng-iseng ngajakin anak-anak ngeband. Eh ternyata jalan. Tapi karena orang Indonesia punya kesulitan untuk mengingat suatu nama yang panjang dan senengnya nyingkat-nyingkat nama, ya sudah kita ambil nama Kraken aja[tertawa].”

Kraken yang saat itu di wawancara oleh Praotozine setelah bermain di suatu acara musik hanya dihadiri tiga personilnya. Sang vokalis tidak dapat hadir karena sedang berjalan-jalan keluar dan sang drummer absen karena sedang bersekolah di luar negeri.

“Selama kurang lebih tiga bulan, dia (Gan-Gan) keluar negeri ke Australia untuk pendidikan. Selama itu juga kita punya additional player, Chimpung dari Plester X. Kalo untuk si vokalis, yah saat ini cukup diwakilkan kita bertiga saja[tertawa],” canda gitaris Kraken lainnya, Kiki.

Menggebrak dengan “I Wanna High Yeah”

Saat ditanya lebih lanjut tentang single I Wanna High Yeah yang telah rilis videokilpnya, Kraken tak berbicara banyak. Yang jelas video itu adalah hasil garapan dan ide dari salah satu kawan mereka.

“Konsep semua sih lebih diarahin sama si produser sekaligus sutradara video klip tersebut, Gito dan Wisnu dari Stupid Family. Kami cuman nyari lokasi, bawa alat. Udah itu aja.Untuk itu, kami berterima kasih kepada L_Onestudios untuk penggarapan rekamannya dan Stupid Family untuk video klipnya,” terang Bodik.

Ke depan Kraken  telah menyiapkan materi-materi untuk album pertama mereka yang rencananya diberi judul Conspiracy, judul yang sama dengan single terbaru mereka. Akan ada sekitar sepuluh lagu termasuk “I Wanna High Yeah” dalam album ini. Selain itu, dua lagu baru di dalamnya juga akan dibuatkan video klipnya secara independen oleh Kraken.

Album yang rencananya akan menghadirkan beberapa kolaborasi dari band-band lain ini rencananya akan dikonsep tematik, sedikit berwarna gelap. Mereka ingin mencoba membuat suasana musik yang kelam yang mampu menenggelamkan dan menghanyutkan pendengarnya.

“Sebenarnya sih kita ingin membuat sesuatu yang berbeda, sehingga kita lebih ke arah rock yang bernuansa gelap karena orang dengeerin itu bisa kelam, jadi kelam, lebih kelam ke bawah,” begitulah penjelasan Bodik yang ditambahi komentar Kiki, “Glamrock lah.”

Lebih dalam tentang Conspiracy : Akan Digratiskan ?

“Kalo di rock rock Indonesia atau lainnya, mereka itu rata-rata rocknya itu lagu pop yang dibalut sama lagu rock, kaya gitu rata rata. Nah kita tuh mau bawa suasana yang beda lagi. Kraken ini masuk di Indonesia, di Surabaya emang baru dan ingin ngasih warna musik yang baru. Jadi itu biar anak-anak ga ikut Metal, ikut Metal semua, Hardcore, ikut Hardcore semua, gitu.”

“Sebagian besar dari kita yang ada di Surabaya selalu seperti itu. Di dunia musik itu benernya ada banyak jenis musik, cuman orang Surabaya itu ga berani untuk ngungkapin dia itu suka sama musik kayak gini. Masih selalu ngikutin trend pasar. Nah kita itu ga ingin masalah kaya gitu. Kita inginnya yang penting orang bisa seneng dengerin lagu kita, jadi kita nyaman dan enjoy dalam bermusik, kita nyampaikan ke mereka juga enak.”

Album tersebut rencananya akan dibagikan secara gratis untuk orang yang mengirimkan respon ke website Kraken sebagai bentuk promosi. Kejelasan promosi tersebut juga masih dirahasiakan.

“Kalo merchandise juga ada, cuman bukan kaos. Terlalu biasa. Nanti kita bikin sempak lah, yang ada gambar Krakennya. Biar nyokot[tertawa],” celetuk sang bassis.

Kraken berencana untuk melakukan tur album pada tahun 2014 nanti. Selain itu, mereka juga pernah menjadi pemenang suatu kompetisi yang dibuat oleh salah satu stasiun televisi di Indonesia. Mereka memenangkan tiket untuk tampil di acara bergengsi akhir Maret lalu.

“Kraken itu band rock yang beda. Kami menghadirkan musik rock supaya bangkit kembali dengan nuansa yang baru tapi tetap pada jalurnya dengan lebih modern. Singkatnya itu rock laki,” kata Kiki untuk mendeskripsikan Kraken sekaligus menutup wawancara. (Abr/ Zaq)

Berikut klip single pertama Kraken – “I Wanna High Yeah”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s