KEN666ERIAN AKHIR PEKAN: YO ANCENE NGERI SEH

KEN666ERIAN AKHIR PEKAN

BVAS

Ini adalah gigs party yang benar-benar membawa perubahan buat anak Surabaya. Gimana nggak? Setelah hadirnya share-share poster gigs hampir di seluruh jejaring sosial, banyak anak-anak yang mulai menggunakan 666 di twitter, menggantikan huruf gg. Eittsss, tolong jangan tersinggung dahulu. Ini bukan bermaksud menghina, tetapi lebih sekedar bercanda saja sebelum memulai review yang terbilang, yah cukup berat ini.

Mulai masuk bahasan nih ya. Seperti pada event-event standart orang Indonesia, acara yang diselenggarakan pada hari Minggu kemarin (24/3) ini start dengan waktu yang terbilang cukup molor. Yang seharusnya dimulai jam 5, ternyata baru mulai setengah 8 (yeeekkk, kenak bujuk promotornya). Tapi tidak menjadi masalah karena semua kelompok musik (ga usum kata ben-benan saiki), untungnya, tak satupun yang membatalkan permainan. Yap, the Sinners, Bvas, Moiikite, Hawk, lalu Moiss dan Octopuz asal Semarang tetap melakukan aksi panggungnya.

Membuka acara yang masuk dalam rangkaian tur Octupuz, The Sinners bermain dengan sangat cepat. HANYA 2 lagu HC Punk yang mereka mainkan dan itupun masing-masingnya tak sampai 3 menit, membuat mimik para pendatang menunjukkan arti “leh, the Sinners wes mari main a?” Walaupun begitu, power yang diciptakan the Sinners mampu membawa pendengar dan kelompok musik berikutnya bermain buas sekaligus intense.

Bvas, stoner anyar yang langsung tiba-tiba membuahkan EP Agresi, juga langsung membawakan seluruh lagunya. Tanpa basa-basi dan tanpa ragu-ragu, seluruh track EP, termasuk cover Klepto Opera – Dandelion, pun dimainkan. Tentu saja kenikmatan musik yang mereka mainkan lebih dahsyat di penampilan live mereka ketimbang recordnya.

Menuju aksi panggung ketiga, penampilan datang dari Moiss, trio eksperimental Semarang dengan ragam efek gitar dan vokalnya. Sayang, di sini mulai terlihat penonton meninggalkan depan area panggung, memberikan ruang hampa dan seperti menunjukkan rasa ketidaktertarikan dengan terciptanya space pada kelompok musik yang mencoba mengenalkan karyanya tersebut (fenomena ini akan lebih dibahas pada akhir-akhir artikel). Untungnya tak semua penonton seperti itu. Segelintir anak masih mencoba mengacaukan suasana dengan sedikit mencangkem sana-sini.

Tentu saja fenomena berkurangnya penonton ini juga terjadi pada aksi panggung berikut-berikutnya, yaitu Hawk dan Mooikite. Hebatnya, kedua kelompok musrik ini tampil memukau. Hawk dengan feelnya yang dapet abis plus energi ginsengnya yang always powerful dan Mooikite dengan rentetan lagu barunya.

Barulah menuju puncak acara, para penonton kembali hadir menuju depan panggung. Rasa penasaran terhadap Octopuz cukup besar untuk memanggil mereka ke hadapan Octopuz. Sekali lagi sayang, hanya dalam beberapa lagu, suasana daerah depan kembali mengosongi latar. Walaupun begitu, tetap salut kepada semua pengisi acara karena tetap tampil garang, tak peduli ramai atau tidak. Yeaaaahhhhh……

Ok, sebenarnya review ini bukan bermaksud membahas sound, enak atau tidaknya musik yang dibawakan oleh setiap band ataupun tetek bengek teknis apapun. Review ini lebih memfokuskan pada bagaimana para penikmat gigs Surabaya menghargai dan menunjukkan rasa antusiasme pada hal yang baru, ke arah penonton lebih tepatnya karena jika dilihat sekilas, selalu yang bertahan hingga akhir adalah anak-anak itu saja, tak ada yang lain. Memang, mboh mane seh kalo itu juga pengaruh besok hari kerja, lemah, letih, lesu  atau Mcnya sendiri  yang kurang bisa mencairkan suasana. Siapa yang tahu.

Oke, jujur-jujuran ae yo. Tulisan iki terkesan datar dan membingungkan. Iki soale sing nulis yo bingung enake mulai tekan endi. Wes, pokoke inti e Surabaya masih butuh lebih banyak acaralah. Itu aja. (ham)

Foto oleh Emirul Fahmi F

Advertisements

One thought on “KEN666ERIAN AKHIR PEKAN: YO ANCENE NGERI SEH

  1. Keren nih acaranya. Selama ini ngalor ngidul bawa dagangan CD & kaos baru kali ini saya buka lapak di depan stage :v hahahahahahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s