HARTA KARUN KOTA PAHLAWAN YANG BELUM TAMPAK

IMG_9772-2 (FILEminimizer)

Tidak semua band Surabaya seberuntung Zorv dan Mooikite atau Devadata serta Fraud ataupun Bvas yang mampu melakukan rekaman dan menjajakan rilisan fisik mereka. Beberapa dari band Surabaya tersebut sejak mereka terbentuk dicari-cari rilisan fisiknya lantaran musiknya yang mbois abis. Sayang, karena berbagai alasan, hingga kini mereka tidak mampu belum mampu merilis E.P ataupun album.

No no no. Ini bukanlah lanjutan artikel Lost Tape yang sempat heboh hingga pembacanya lebih dari 500 orang. Memang ada yang terlihat sedikit vakum tapi ini adalah artikel tentang band-band yang masih berkesempatan manggung dan belum bubar, tetapi hingga kini belum mengeluarkan rilisan fisiknya sendiri. Band-band ini memiliki potensi besar yang bahkan mampu menginspirasi skena daerah lain karena musik mereka yang mbois sekaligus ear catching.

Semoga saja melalui artikel ini, mereka mendapat suport dari para penikmat musik dan SEDIKIT terprovokasi untuk maju membuat rilisan fisiknya sebelum musik mereka menjadi Lost Tape. NB: tentu saja band-band yang ada di tulisan adalah yang diketahui oleh sang penulis, jadi ada kecendurangan band-bandnya berasal dari skena yang sama.

PATHETIC EXPERIENCE

Duo mahasiswa folk asal DESPRO ITS yang memadu kasih dan berbagi rasa atas nasib kejombloan mereka (konon katanya salah seorang personilnya sudah punya gendakan saat tulisan ini diturunkan). Mereka mengusung musik folk Jawa atau post nusantara yang sendu, tapi terkadang riang dan menghibur. Musik mereka jelas-jelas mengingatkan kita akan Depapepe, hanya saja dibalut dengan budaya Jawa. Menurut info yang didapat, mereka sedang dalam proses rekaman, walaupun ada berbagai kendala mengahdang mereka.

EGON SPENGLER

Kembali lagi sebuah band asal DESPRO ITS. Kali ini adalah band beraliran musik keras yang memadukan oldschool punk ala Ramones dengan metal lawas ala Black Sabbath, menjadikan musik mereka terdengar seperti hardcore punk Gang Green. Ket biyen  band ini selalu ditanyakan rilisan fisiknya. Bahkan beberapa anak yang menanyakan kabar mereka, berani buat membawa musiknya ke ibukota. Yah emang dari dulu rumornya mereka mau mengeluarkan rilisan fisik, tetapi belum keturutan hingga sekarang.

THE WISE

Mengusung dreamrock / shoegaze/ post-rock, band yang digawangi 4 anak ini sudah cukup terdengar namanya di luar kota Surabaya. The Wise adalah salah satu band yang langganan bermain di SUTOS. Jika ingin tahu, Musik mereka memang bisa didengarkan di soundcloud, tapi rilisan fisiknya sama sekali belum dikeluarkan. Yoi, belum.  Dari hasil obrolan dengan manajernya, saat ini The Wise sedang mempersiapkan materi-materi baru yang nantinya akan dimasukkan dalam debut album. Yah semoga saja terealisasi.

DE MORTE

Unit skacore asli dari Surabaya yang sering mondar-mandir Surabaya-Sidoarjo buat manggung. Eksistentsi mereka saat ini agak diragukan karena para personilnya yang sekarang sibuk kerja. Tapi itu tidak menandakan kalau band mereka bubar. Musik mereka bisa didownload secara cuma-Cuma di StoneAge record. Cuman ya begitu, rasanya nggak puas jika hanya mengenakan kaosnya saja tanpa memegang CD ataupun kasetnya.

HI MOM

Band kawakan yang sudah cukup lama bergelut di skena musik Surabaya. Sudah lebih dari 7 tahun mereka mencoba menyuguhkan musik bernuansa indierock dengan lirik-lirik yang hijau dan bersahabat dengan lingkungan. Berkali-kali masuk dalam kompilasi, yang bagi kami udah nggak tahu lagi ada berapa. Emang di akun tweetnya ada status yang cukup mengerikan untuk membuat mindset bahwa band ini vakum, tapi berharap saja, sebelum vakum mereka ngeluarin CD-nya.

DESKRIPSI SEBUAH MAHASISWA

Yak kembali lagi band asal DESPRO ITS. Kakehen asline band-band tekan kampus iki, tapi yaopo mane. Ancene wenak-wenak, yunik-yunik pisan eh. Grindcore asal-asalan yang bercerita tentang curhatan mahasiswa dalam menghadapi perkuliahan dan tantangan budaya masyarakat. Musik mereka lebih terdengar seperti sebuah lawakan, tapi memang itulah sisi uniknya. Beruntung di tahun ini mereka main kembali jadi nggak kami masukkan ke Lost Tape. Untuk lagunya, sebenarnya bisa didownload secara gratis, tapi kami lupa linknya.

Yah mungkin sekian dulu band-band yang dipanaskan. Jujur saja, kami juga bingung band mana saja yang belum mengeluarkan rilisan fisik tapi punya potensi dan tidak masuk dalam golongan Lost Tape. Tapi jika ada dari kalian yang mau memberikan masukan, monggo diinfokan ke kami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s